Belajar Struktur Dasar HTML (Hyper Text Markup Language)

Setelah postingan sebelumnya saya bahas tentang Apa Itu HTML? kali ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit mengenai struktur dasar HTML (Hyper Text Markup Language). Menurut saya ingin sangat penting diketahui sebagai seorang penjelajah internet terutama bagi seorang blogger.




Pertama, Apa itu struktur HTML, ok jadi Struktur HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan susunan dalam sebuah script HTML yang wajib ada agar supaya script dapat bekerja. Struktur HTML memiliki minimal empat buah tag, berbentuk susunan tagnya sebagai berikut:


<html>
   <head>
       <title> Judul Halaman </title>
   </head>
  <body>
       Isi Halaman
  </body>
</html>

Untuk mengetahui tentang tag tag di atas, berikut penjelasannya.

1. <html> dan </html>

Kode di atas merupakan tanda sebuah dokumen HTML, yang diawali dengan tag pembuka <html> dan di akhiri dengan tag penutup </html>.
<html> Merupakan kode pembuka sebuah dalam sebuah HTML. sedangkan </html> merupakan penutup atau tanda berakhirnya kode HTML. Dalam sebuah dokumen HTML memiliki dua buah elemen atau section di dalamnya yaitu HEAD dan BODY 

2. <head> dan </head>

Kode di atas merupakan elemen HEAD yang di mulai dari tag pembuka <head> dan di akhiri tag penutup </head> yang berfungsi sebagai informasi header.
<head> Merupakan tag pembuka pada elemen Head. Kemudian </head> merupakan tag penutup pada elemen Head. Pada elemen ini dapat kita dapat meletakkan tag TITLE, BASE, ISINDEX, LINK, SCRIPT, STYLE dan META.

3. <title> dan </title>

Kode di atas merupakan tag title atau judul yang merupakan judul halaman pada sebuah dokumen HTML. Tag title letaknya di dalam Elemen HEAD, tag ini terdiri atas tiga bagian yaitu bagian pembuka, bagian isi dan bagian penutup. Penulisannya di mulai dari tag pembuka <title>, kemudian pada bagian isi diisi dengan judul halaman yang di inginkan, dan terakhir ditutup dengan </title>.

4. <body> dan </body>

Kode di atas merupakan elemen BODY yang dimulai dari tag pembuka <body> dan diakhiri dengan tag penutup</body>. Di dalam elemen BODY dapat di isikan beberapa informasi dan pengaturan yang akan di tampilkan pada sebuah halaman HTML.


Untuk memudahkan dalam pembelajaran ini, coba berfikir logika dari struktur di atas, apa yang ada di fikiran anda? coba ungkapkan! Nah melihat dari struktur di atas semua tag memiliki pasangan masing-masing (pembuka dan penutup) dan beratur tidak boleh ada yang saling tumpang tindih...!!!

Oke, semoga bermanfaat, mohon maaf atas kekurangannya.